SEJARAH SINGKAT

RA Integral Nurul Huda berdiri pada tahun 2014. Awalnya menampung dari keinginan masyarakat desa pengaringan dan sekitarnya untuk memiliki sekolah yang berbasis pendidikan islam atau bahasa sederhananya “ yang ada ngajinya”. karena mengingat di desa pengaringan belum ada pendidikan anak usia dini yang berbasis islam. Baru ada TK yang berdiri di bawah naungan yayasan Kristen.

Menjembatani keinginan msyarakat, dari beberapa tokoh masyarakat dan pengurus masjid mengadakan kesepakatan untuk membuat sekolah yang berbasis islam. Setelah diadakan perencanaan yang matang, tokoh masyarakat yang bekerja sama dengan Yayasan Al Iman kebumen sepakat untuk mendirikan sebuah lembaga pendidikan anak usia dini yang letaknya disamping masjid Nurul Huda Pengaringan yang di resmikan pada tanggal 24 April 2014 yang di beri nama RA Integral Nurul Huda Pengaringan.

RA Integral Nurul Huda Pengaringan berdiri di atas tanah wakaf dan masih bergabung dengan masjid Nurul Huda Pengaringan. Awal perintisan mendapat respon positif dari masyarakat. Tahun pertama berdiri kita mendapat kepercayaan 17 peserta didik. Di tahun 2015 keberadaan kami mulai di kenal oleh masyarakat desa lain di sekitar desa Pengaringan. Dan Alhamdulillah peserta didik naik 100% menjadi 35 peserta didik.

Fasilitas dan sarpras yang masih minim tidak menjadikan alasan bagi kami para pendidik untuk terus memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak didik kami. Dan Alhamdulillah di tahun 2017 kami mendapatkan keprcayaan sebanyak  47 peserta didik. Di tahun 2018 kami juga mendapatkan kepercayaan mendapat 52 peserta didik kembali itu terdiri dari beberapa desa di sekitar pengaringan. Tahun 2019 ini juga ada kenaikkan signifikan, RA kami mendapat kepercayaan 60 siswa, serta di tahun 2020 alhamdulillah meskipun di masa pandemi, kita masih mendapat amanah jumlah siswa sebanyak 55 anak. di tahun 2021 meskipun pandemic masih belanjut, system pembelajaran yang masih BDR , daring dan luring, kami memdapat amanah 68 siswa.

Pada tanggal 20 Juni 2022 kita meresmikan gedung baru dan RA yang tadinya di dekat Masjid Nurul Huda pindah ke gedung baru yang terletak di dukuh Watubarut, RT. 06, RW. 02 dan alhamdulillah memperoleh siswa  sejumlah 79 siswa dan pada tahun 2023 sejumlah 61 siswa..